5 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanyakan Kepada Perusahaan Jasa Pengolahan Limbah B3

Di tengah banyaknya pilihan perusahaan jasa pengolahan limbah b3 di sekitar Anda, tentunya Anda akan merasa bingung untuk menentukan atau memilih yang tepat. Namun beberapa pertanyaan ini dapat membantu Anda.

 

1. Apakah perusahaan tersebut memiliki lisensi, jaminan, dan pelatihan yang tepat?

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan jasa pengolahan limbah b3, maka Anda harus tahu apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik dan sudah memiliki izin usaha. Karena, memindahkan limbah b3 saja membutuhkan surat izin khusus.

Perusahaan tersebut juga harus memiliki asuransi atau jaminan serta para karyawan yang sudah terlatih dan cakap, bahkan supir sekalipun. Anda harus memastikan bahwa Anda bekerja sama dengan perusahaan yang terbuka dan transparan. Karena jika tidak, tanggung jawab keuangan dan lainnya dapat Anda tanggung sendiri, dan tentunya hal itu akan merugikan Anda.

 

2. Apakah karyawan mereka akan datang di industri Anda? Apakah mereka akan benar-benar mempersiapkan proses transport dan pengolahannya?

Semua karyawan perusahaan jasa pengolahan limbah b3 yang benar-benar akan datang pada industri atau perusahaan Anda dan melakukan proses pengolahan harus memiliki pelatihan yang tepat.

Selain itu, mereka juga harus memiliki pengalaman untuk mengidentifikasi limbah serta menyiapkan untuk pengiriman. Surat perintah kerja juga tidak kalah penting dan harus Anda dapatkan.

 

3. Apakah perusahaan tersebut hanya fasilitas perantara atau end facility?

Beberapa perusahaan waste management hanya beroperasi sebagai perantara saja. Mereka tidak memiliki fasilitas atau badan tenaga untuk mengolah limbah sendiri. Meski begitu, Anda tidak perlu langsung khawatir.

Yang perlu Anda perhatikan adalah jika perusahaan tersebut tidak memiliki kejelasan tentang fasilitas limbah atau jika mereka tidak bisa menyediakan info spesifik tentang penyedia jasa pengolahan limbah b3 yang mereka gunakan.

Limbah adalah suatu tanggung jawab yang harus Anda ambil mulai dari awal hingga pengelolaan dan pembuangan. Semakin Anda mengerti lebih banyak tentang siapa yang akan mengolah limbah b3 tersebut dalam tahap apapun, semakin baik.

 

4. Apakah perusahaan tersebut dapat memberi dokumen yang dibutuhkan pada setiap pengiriman?

Dokumen adalah hal yang dapat memberitahu Anda bahwa Anda melakukan segala hal secara tepat, apalagi ketika Anda sedang dalam proses audit limbah b3. Pastikan bahwa perusahaan jasa pengolahan limbah b3 tersebut dapat membantu dan memandu Anda dalam hal surat dan dokumen yang mereka berikan seperti label limbah b3, surat muatan, dan daftar muatan. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut harus lengkap dan akurat.

 

5. Apakah perusahaan tersebut dapat memberi referensi untuk mengkonfirmasi kualitas jasa di dalam industri pengolah limbah lainnya?

Setiap kali Anda mencari penyedia jasa profesional, selalu ingat untuk mendapatkan minimal tiga referensi atau rujukan yang dapat membuktikan keprofesionalan dan keahlian perusahaan jasa pengolahan limbah b3 tersebut.

Pastikan bahwa rujukan tersebut sesuai dengan jenis pengelolaan limbah yang Anda butuhkan. Bagaimanapun juga, melakukan proses pengolahan limbah dan mengetahui cara membuang limbah dengan baik dan benar adalah hal yang berbeda. Jasa pengolahan limbah b3 adalah jasa yang memiliki potensi berbahaya. Oleh karena itu, perusahaan tersebut harus memiliki track record yang baik seperti PT. Nebraska Pratama.