Keunggulan PAC Dibandingkan Penjernih Air Lainnya

PT. Nebraska Pratama adalah perusahaan yang menjual PAC atau Poly Aluminium Chloride. Bahan kimia ini adalah salah satu penjernih air yang sering digunakan baik dalam skala kecil maupun skala besar seperti penjernihan air PDAM. Namun apa sebenarnya keunggulan bahan ini? Berikut ini kelebihannya.

 

- Flok yang dihasilkan PAC lebih padat, dan kecepatan mengendapnya juga tinggi untuk fluktuasi yang besar. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan dosis yang tepat. Hal ini disebabkan oleh gugus aktif aluminat yang sangat efektif untuk mengikat koloid.

 

Rantai polimer dari gugus polielektrolit memperkuat ikatan ini, sehingga flok lebih padat, dan penambahan gugus hidroksil ke dalam rantai koloid tersebut, menambah berat molekul. Selain itu, range pengolahan menjadi lebih besar, dan pH air yang dihasilkan juga lebih stabil.

 

Oleh karena itu, meskipun terjadi overload bagi instalasi yang ada, hal ini relatif tidak akan mempengaruhi kapasitas produksi. Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika terjadi kelebihan dosis.

 

- Setelah dihitung secara seksama, biaya yang dikeluarkan dengan penggunaan PAC, jika dibandingkan dengan aluminium sulfat (alum), lebih ekonomis sebesar sekitar Rp. 10,-  per m3 debit olahan. Selain itu, kejernihan air karena penggunaan serta kualitas air yang dihasilkan oleh PAC setelah proses koagulasi juga lebih baik daripada alum.

 

- Dengan PAC, Anda tidak perlu repot memikirkan tingkat pH yang ekstrem. Karena pada kondisi air pada umumnya, koreksi pH tidak dibutuhkan oleh bahan ini. PAC dapat bekerja pada tingkat pH yang lebih luas sehingga Anda juga tidak membutuhkan biaya untuk bahan tambahan ekstra seperti desinfektan untuk menyeimbangkan tingkat pH dan mengolah air.

 

- Koagulan (bahan penjernih air) lain seperti alum, besi klorida, dan fero sulfat akan menjadi keruh apabila digunakan secara berlebihan. Sedangkan, hal ini tidak terjadi pada PAC. Anda dapat berhemat bahan kimia seperti bila menggunakan bahan penjernih ini.

 

- PAC juga dapat meminimalisasi bahan yang dibutuhkan untuk menetralisasi kandungan kimia untuk air yang dikonsumsi. Hal ini terjadi karena kandungan basa yang cukup dapat menambah gugus hidroksil dalam air. Hasilnya, penurunan pH tidak terlalu drastis.

 

- Anda dapat melakukan jar test untuk menentukan dosis koagulan yang paling baik lebih mudah. PAC juga banyak ditemukan dalam bentuk cair yang dapat meringankan proses penjernihan air.

 

- Bila dibandingkan dengan koagulan kitosan, PAC memiliki efisiensi yang lebih unggul. Supaya berfungsi, kitosan harus dilarutkan dalam larutan asam seperti asam asetat terlebih dahulu. Sedangkan, PAC cair langsung bisa dilarutkan dengan air. Oleh karena itu, penjual PAC cair hadir untuk Anda seperti PT. Nebraska Pratama.

 

Selain itu, PAC adalah bahan yang sangat mudah didapatkan. Sebaliknya dengan koagulan kitosan, Anda harus melakukan proses demineralisasi, deproteinasi, dan deasetilasi dahulu untuk mendapatkannya.

 

Saat diuji coba, koagulan kitosan tidak baik digunakan dalam proses pengolahan air baku di PDAM karena proses koagulasinya tidak dapat menurunkan kekeruhan sesuai baku mutu yang disyaratkan. Sehingga, untuk air yang tidak terkontaminasi oleh logam berat, PAC adalah koagulan yang lebih cocok dan lebih unggul.

 

Oleh karena keunggulan-keunggulan ini, PAC adalah bahan penjernih air yang lebih menguntungkan bagi industri Anda. PT. Nebraska Pratama menyediakan dan menjual PAC agar bisnis serta perusahaan Anda menjadi lebih maju dan berkembang. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.