Pentingnya Penyimpanan yang Benar Dalam Industri Anda

Tawas adalah benda yang dapat menggumpalkan kotoran dan menjernihkan air. Anda juga dapat mengolah limbah menggunakan aluminium sulfat. Apabila Anda sering menggunakannya, maka Anda juga harus menyimpannya dengan baik. Berikut ini adalah alasan mengapa menyimpan tawas dengan cara yang benar adalah hal yang penting.
 
  • Aluminium sulfat adalah benda yang dapat tercerai sehingga menimbulkan masalah dalam pemompaan. 
  • Ketika Anda menggunakan tawas dalam suhu yang sedang tinggi, apalagi saat cuaca sangat dingin, maka tawas tersebut dapat mengembang dan menekan tangki penyimpanan. 
  • Bahan kimia seperti tawas powder dapat menimbulkan uap dan asap yang dapat merusak tumbuhan atau pepohonan di sekitar industri Anda. Jika industri Anda terletak di dekat taman, maka Anda harus berhati-hati dalam menyimpannya. 
  • Proses koagulasi, penggumpalan dan pemisahan juga dapat menimbulkan masalah penyimpanan air, apalagi jika hal tersebut terjadi bersamaan dengan suhu yang tidak stabil.
 
Penyimpanan yang benar akan menjaga kualitas produk akhir dan juga keamanannya. Anda dapat menggunakan tangki penyimpanan yang terbuat dari XLPE. Tangki ini dapat menahan pemuaian dan penyusutan oleh karena naik turunnya suhu dengan baik sehingga mencegah kerusakan tempat penampungan tersebut. Dianjurkan untuk memiliki wadah tawas powder dengan tingkat gravitasi spesifik sebanyak 1,65.
 
Pada bagian bawah samping dinding tangki, dianjurkan untuk memasang sistem fitting yang full-drain. Fitting ini akan dipasang pada bagian paling bawah dan pada bagian samping tangki tersebut supaya proses pembuangan atau drainase akan lebih menyeluruh. Anda juga tidak akan khawatir akan kebocoran oleh karena sistem fitting yang terpasang secara mekanis.
 
Komponen yang ada dalam tangki sebaiknya mencakup fitting PVC, baut mur stainless steel SS 316, dan paking EPDM. Alat pemanas seperti heating pad dan insulasi termal akan menjaga suhu dan mengurangi resiko pemisahan. Sedangkan, mixer akan mencegah tawas powder yang sudah larut/digunakan memisahkan diri. 
 

Penggunaan aluminium sulfat atau tawas powder

Tawas, yang juga disebut alum, adalah bahan kimia flokulasi. Yang membedakan bahan ini dengan flokulan lainnya adalah tingkat keamanan penggunaannya. Anda bisa menggunakan tawas powder untuk menjernihkan atau memulihkan air kota bahkan danau. Tawas juga digunakan untuk membuat air lebih aman diminum.
 
Tawas powder biasa digunakan untuk menghilangkan segala senyawa organik dari air limbah dan air minum. Reaksi kimianya akan membuat partikel kecil melekat pada partikel yang lebih besar dalam air. 
 
Ketika partikel besar tersebut sudah disaring, banyak kandungan tawas yang ikut didalamnya. Aluminium sulfat tidak dapat mengangkat patogen atau bakteri. Meski begitu, proses koagulasi akan mengurangi tingkat berbagai senyawa yang berada dalam air, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kaporit terlalu banyak. 
 

Yang perlu diperhatikan

Bahan kimia ini juga dapat memberi efek negatif pada manusia. Beberapa orang dapat memiliki reaksi kulit yang perih jika berkontak langsung dengan tawas. Jika dihirup maka akan menyebabkan batuk-batuk. Oleh karena itu, penyimpanan tawas powder yang benar sangatlah penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pekerja serta Anda sendiri.
 
Jika Anda memiliki pertanyaan lainnya mengenai tawas powder, jangan ragu untuk segera menghubungi Nebraska. Kami dengan senang hati akan membantu dan melayani Anda sebaik mungkin.