Ubah limbah berbahaya dan beracun jadi bermanfaat dan menguntungkan sekarang!

Setiap pabrik atau industri dari level home-industry hingga pabrik berskala besar, pasti memiliki limbah atau sisa residu dari proses produksinya. Untuk mendukung proses produksi yang berkelanjutan dan berkesinambungan maka dibutuhkan waste management system  agar limbah-limbah yang dihasilkan ini tidak hanya bermanfaat tapi juga menguntungkan secara bisnis.


PT. Nebraska Pratama sebagai perusahaan pengolahan limbah b3 yang mampu dan memiliki sertifikasi serta lisensi untuk mengolah berbagai macam bentuk limbah baik yang cair maupun padat, memberikan solusi terintegrasi kepada pelaku industri untuk dapat mengolah setiap limbah produksinya. Pengolahan limbah cair dan padat yang terpadu ini diharapkan mampu menanggulangi proses produksi berkelanjutan sesuai prinsip reuse,recycle, reduce, repair.

 

Salah satu bentuk pengolahan limbah menjadi bahan baku yang dapat digunakan khalayak ramai adalah zinc zulfat cair. Zinc zulfat atau zinc sulphate atau seng sulfat banyak digunakan untuk memasok seng atau zat besi pada pakan ternak, pupuk, maupun semprotan pertanian. Kegunaan yang demikian banyak ini dihasilkan dari bahan-bahan limbah cair industry yang mengandung sulfat berbahaya dicampur dengan limbah padat yang mengadung senyawa besi.

 

2000 liter limbah cair yang mengandung senyawa beracun sulfat akan dicampur dengan 1000 liter air murni, lalu ditambahkan 3000kg limbah padat berbasis zinc atau zat besi.  Keseluruhan bahan-bahan ini kemudian dijadikan satu kedalam suatu reaktor agar kemudian senyawa-senyawa yang ada dapat dilepaskan dan disadur berdasarkan fungsi dan kegunaannya.  terlepas dari reaktor ini, senyawa zinc dan sulfat yang ada akan mengalami proses filterisasi, sedangkan senyawa lainnya yang tidak lagi dapat dimanfaatkan akan masuk kedalam tabung residual sebagai limbah B3 yang tidak lagi dapat digunakan (reuse), di daur ulang (recycle), ataupun di perbaiki (repair). Zinc dan sulfat yang telah mengalami filterisasi akan berubah bentuk menjadi Zinc Zulfat atau Zinc Sulphate cair yang siap untuk dipasarkan dan digunakan oleh berbagai macam industri peternakan dan pertanian. Bahan kimia yang tadinya berbahaya ini menjadi bahan kimia yang sangat-sangat bermanfaat dan sangat menguntungkan secara ekonomis maupun ekologis.

 

Sebagai perusahaan terpadu jasa pengolahan limbah B3 (bahan beracun dan berbahaya) di Indonesia, PT Nebraska Pratama tidak hanya berhenti sampai pada mengolah limbah beracun tersebut, namun juga memanfaatkan dan memasarkannya, sehingga bahan-bahan kimia hasil reproduksi limbah industri ini kembali dapat digunakan tepat sasaran. Melalui rantai pemasaran yang ada, PT. Nebraska Pratama siap untuk memasarkan Zinc Sulphate cair yang telah dihasilkan. Pada akhirnya, seluruh proses produksi dapat menjadi berkesinambungan dan sangat-sangat ramah lingkungan. Prinsip-prinsip penggunaan kembali limbah, pengolahannya menjadi bentuk-bentuk yang dapat dimanfaatkan, pengurangan residual, hingga perbaikan fungsi limbah dapat tercapai dengan baik. Dengan perusahaan yang sejahtera serta lingkungan  yang ramah maka terciptalah ekosistem yang berkelanjutan sehingga fungsi ekonomis dan ekologis dapat tercapai.