Manfaat Dan Efek Samping Tawas

Selain tawas cair ada juga tawas yang berbentuk powder. Tawas sudah dikenal lama oleh masyarakat dan memiliki banyak manfaat. Salah satu dari sekian banyak manfaat tawas yang sudah diketahui banyak orang diantaranya sebagai pembening air keruh. Penggunaan dan pemanfaatan tawas sebagai penjernih air tidak hanya dikenal masyarakat Indonesia tapi juga sudah sejak lama digunakan diberbagai negara.

Sebagai Penjernih Air

Penggunaan tawas sebagai penjernih air sudah biasa dilakukan masyarakat Indonesia sejak karena disamping murah cara penerapannya juga mudah. Ambil tawas lalu dimasukkan dalam wadah yang berisi air yang hendak dijernihkan atau bisa langsung dimasukkan dalam sumur yang airnya agak keruh dan berbau.

Menghilangkan Bau Badan

Pada umumnya bau badan bersumber dari ketiak akibat keringat berlebih dan bercampurnya keringat dengan bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Penggunaan tawas untuk menghilangkan bau badan bisa menjadi alternatif paling mudah untuk menghilangkan bau badan

Bahan Anti Api

Selain sebagai bahan produk kosmetik, alum juga digunakan sebagai pembuatan bahan tekstil yang tahan api. Selain itu tawas juga digunakan dalam alat pemadam kebakaran

Bahan Kosmetik (Deodoran)

Banyak produk deodoran yang menggunakan tawas sebagai salah satu bahannya. Karena benda kristal ini sangat efektif menghilangkan bau badan.

 

EFEK SAMPING TAWAS

Penggunaan sebuah produk yang dianggap banyak memiliki manfaat jika digunakan secara berlebihan sudah pasti akan berakibat tidak baik. Hal itu juga berlaku terhadap penggunaan tawas yang selama ini dianggap aman, tapi jika penggunaannya berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang tidak baik terutama bagi kesehatan tubuh

Sebaiknya dalam dalam penggunaannya usahakan tidak melebihi takaran yang diperbolehkan. Meskipun tawas banyak ditemukan di pasaran dan dujual bebas tidak berarti aman seratus persen terlebih jika dijadikan sebagai bahan campuran yang masuk dalam tubuh seperti untuk mengawetkan makanan atau menjernihkan air.

Penggunaan tawas berlebihan bisa menyebabkan keracunan, terlebih jika digunakan dalam jangka panjang akan berakibat lebih buruk terutama bagi kesehatan. Sebaiknya Anda mendapatkan tawas dari produsen yang berpengalaman dan profesional seperti Nebraska agar hal-hal negatif tersebut tidak terjadi. Selain tawas powder, kami juga menyediakan tawas cair yang lebih mudah digunakan karena Anda tidak perlu melarutkannya lagi. Apabila Anda membutuhkan bantuan atau info lebih lanjut, kami dengan senang hati akan melayani Anda dan memberikan solusi terbaik.