Go Green Dengan Cara Mengolah Limbah Industri

Setiap negara pasti memiliki berbagai industri untuk mengembangkan dan menggali potensi diri. Tetapi, semakin banyaknya pabrik yang bermunculan, semakin banyak pula peluang untuk mencemari lingkungan.

Limbah industri adalah salah satu hal yang masih menjadi masalah lingkungan di berbagai negara termasuk Indonesia. Tidak sedikit cerita tentang pencemaran air sungai dan lingkungan lainnya oleh karena minimnya pengolahan limbah industri. Contoh yang paling terkenal adalah Sungai Citarum di Jawa Barat yang terkontaminasi oleh limbah rumah tangga dan pabrik.

Dalam sekali pandang, sangat terlihat bahwa limbah industri di sungai ini tidak diolah. Air sungai di sekitar deretan industri berubah warna menjadi biru atau merah dan juga berbusa. Ketika diuji, air Sungai Citarum dinilai berbahaya dan dapat menimbulkan banyak penyakit termasuk kanker. Tidak sedikit juga kasus penyakit kulit akibat air beracun ini.

Selain itu, beberapa petani masih menggunakan airnya untuk mengirigasi sawah mereka. Jika padi yang telah dipanen dinilai tidak layak untuk dikonsumsi manusia, maka hewan ternak yang akan memakannya. Lalu, keanekaragaman hayati di sungai tersebut juga terancam. Beberapa spesies ikan sudah menghilang dan jenis ikan yang lain menurun dengan drastis.

Selain kurangnya edukasi, salah satu alasan utama mengapa pencemaran ini terjadi adalah kurangnya pengolahan limbah industri yang memadai. Semua limbah cair dan padat yang berbahaya ditumpuk menjadi satu dan membuat sungai yang dulunya indah menjadi kasus pencemaran terkenal yang masih belum bisa dibersihkan dengan total.

PT. Nebraska Pratama dapat mengolah limbah cair, padat, dan berbagai jenis limbah B3. Kami memiliki prinsip untuk mengurangi mengurangi jumlah limbah yang ada, menggunakan ulang dan mendaur ulang limbah untuk menjaga lingkungan yang sehat.

Salah satu contoh daur ulang limbah industri kami adalah mengubah limbah B3 menjadi Poly Aluminium Chloride (PAC). PAC adalah salah satu bahan dasar kimia tidak berbahaya yang digunakan untuk deodoran komersial. Membuat lingkungan lebih layak dihuni dan tetap memberikan manfaat bagi manusia adalah kelebihan kami.

Selain itu, kami mampu melakukan perawatan atau stabilisasi limbah padat dan juga mengobati limbah cair dengan tingkat kontaminasi tinggi. Sehingga, kami bisa menerima limbah kiriman dalam bentuk yang masih belum stabil sekalipun untuk memastikan pengolahan limbah industri yang kondusif.

Ketika lingkungan tercemar, maka semua makhluk hidup akan merasakan dampak buruknya, termasuk manusia. Maka dari itu, pengolahan limbah industri adalah hal penting yang tidak hanya akan menguntungkan kita sendiri, tapi juga untuk lingkungan yang kita tinggali.

Jadi, untuk bumi dan lingkungan yang lebih baik, percayakan limbah industri Anda kepada PT. Nebraska Pratama.