Berbagai Macam Limbah Industri Beserta Contohnya

Limbah industri merupakan jenis limbah yang tak asing lagi bagi kita, selain limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Limbah industri ini merupakan jenis limbah yang dihasilkan dari segala jenis kegiatan industri. Berikut ini beberapa contoh dari limbah industri yang perlu anda ketahui, yaitu :

 

1. LIMBAH INDUSTRI CAIR

Limbah industri yang satu ini merupakan jenis limbah atau pencemaran yang biasanya dikeluarkan oleh pabrik, yang bentuknya cair dan biasanya akan dibuang langsung ke saluran perairan, kali atau pun selokan. Contohnya seperti sisa pewarna pakaian yang bentuknya cair, pengawet cair, kandungan besi pada air, kebocoran minyak di laut, dan lain sebagainya.

 

2. LIMBAH INDUSTRI PADAT

Limbah industri padat adalah hasil buangan dari kegiatan industri yang berupa padatan, lumpur, atau bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan, atau sampah yang telah dihasilkan dari kegiatan industri dan dari tempat umum lainnya. Contohnya adalah plastik, kantong, sisa pakaian atau kain, sisa sampah elektronik, kertas, kabel, besi dan lain-lain.

 

3. LIMBAH INDUSTRI GAS

Definisi dari limbah industri gas ini adalah limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun hasil dari aktivitas manusia. Yang bentuknya molekul gas dan pada umumnya memberi dampak yang buruk terhadap kehidupan makhluk hidup dan juga lingkungan. Contohnya pembakaran pada pabrik, kebocoran gas, asap, dan masih banyak lagi.

PT. Nebraska Pratama dapat mengolah limbah cair, padat, dan berbagai jenis limbah B3. Kami memiliki prinsip untuk mengurangi mengurangi jumlah limbah yang ada, menggunakan ulang dan mendaur ulang limbah untuk menjaga lingkungan yang sehat.

Salah satu contoh daur ulang limbah industri kami adalah mengubah limbah B3 menjadi Poly Aluminium Chloride (PAC). PAC adalah salah satu bahan dasar kimia tidak berbahaya yang digunakan untuk deodoran. Membuat lingkungan lebih layak dihuni dan tetap memberikan manfaat bagi manusia adalah kelebihan kami.