Memastikan Pengolahan Limbah Industri yang Efektif

Limbah adalah suatu hal yang membutuhkan penanganan baik sehingga tidak memberikan dampak atau resiko negatif. Sehingga, pengolahan limbah industri, terutama limbah beracun dan berbahaya, harus dilakukan secara aman dan efektif.

Pada umumnya, limbah industri diambil dan dikumpulkan oleh penyedia jasa pengolahan limbah industri seperti PT. Nebraska Pratama untuk dikelola atau didaur ulang. Limbah tersebut akan disimpan dalam barel atau drum khusus. Proses pengumpulan dan penyimpanan limbah dilakukan di dalam industri Anda. Langkah-langkah berikut ini akan memastikan proses yang aman.

  • Pertama, limbah industri Anda harus ditampung dalam wadah yang tidak akan bocor atau tumpah. Wadah tersebut dianjurkan untuk memiliki kapasitas minimal 110% dari kontainer terbesar Anda atau 25% dari total volume limbah terbesar yang ingin Anda kelola.
  • Drum atau barel yang digunakan harus benar-benar kosong dan sudah bersih. Jika masih ada isinya, maka benda tersebut tidak terhitung kosong dan harus diperlakukan seperti drum atau barel yang penuh.
  • Ventilasi juga dibutuhkan untuk proses transfer atau pengumpulan limbah, karena hal tersebut akan menimbulkan uap atau asap yang harus segera ditiadakan. Anda juga dapat menggunakan alat ekstraksi elektronik khusus jika Anda memiliki limbah yang mudah terbakar.
  • Apabila limbah Anda sangat mudah terbakar, maka Anda harus memasang alas anti statis untuk mengurangi resiko terbakarnya uap kimia yang mudah terbakar oleh karena aliran listrik statis.
  • Sebagai langkah keamanan, semua orang yang terlibat atau ada di sekitar proses pengolahan limbah industri juga harus menggunakan kacamata khusus dan pelindung mata, masker, serta pakaian khusus.
  • Gunakan data sebagai referensi untuk membandingkan dan menentukan apakah limbah Anda semuanya sepadan atau apakah Anda harus melakukan pemisahan terlebih dahulu sebelum pengolahan limbah industri Anda.
  • Pencahayaan yang cukup juga sangat esensial untuk memastikan kondisi dan situasi kerja yang aman dalam proses pengolahan limbah industri beracun dan berbahaya.
  • Jangan lupa untuk memberi papan tanda keamanan pada tempat Anda mentransfer, tempat penyimpanan atau pengolahan limbah industri B3 Anda.
  • Berikan akses masuk keluar yang lebih mudah untuk barel atau drum yang berisi limbah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan ramp untuk kemudahan akses.
  • Tempat penyimpanan limbah Anda juga harus berada dalam pengawasan untuk mencegah adanya akses oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Faktor penting untuk menjamin pengolahan limbah industri yang efektif adalah memastikan bahwa tempat limbah ini hanya dapat diakses oleh personil atau staf yang berkepentingan saja.

Jika perusahaan, sekolah, peternakan, atau pertanian Anda memiliki limbah yang berbahaya, maka Anda harus memiliki perencanaan pengolahan limbah industri yang baik dan efektif. Untuk waste management yang profesional dan terpercaya, Anda dapat memercayakan limbah Anda kepada PT. Nebraska Pratama.