3 Akibat Ketika Tidak Adanya Waste Management di Indonesia

Jumlah penduduk Indonesia semakin lama semakin bertambah. Dan ketika penduduk membesar, kebutuhan mereka juga ikut beranjak. Akhirnya, banyak perusahaan yang makin bermunculan untuk melengkapi kebutuhan tersebut. Bila tidak ada waste management Indonesia atau pengelolaan limbah, tentunya akan ada akibat buruk seperti berikut ini.

 

Kualitas lingkungan yang buruk

Ketika ada banyak sampah, limbah, atau bahan pencemar lain yang tidak dikelola dengan baik, maka akan ada penurunan di kualitas lingkungan. Dampak limbah pabrik memang sudah langsung terlihat, lain halnya dengan limbah rumah tangga.

 

Sampah yang dihasilkan seringkali tampak sedikit dan dianggap tidak berbahaya. Padahal, limbah skala rumah tangga adalah salah satu penyebab pokoknya. Sehingga, mereka juga membutuhkan waste management Indonesia yang baik.

 

Bila diteruskan, maka akan ada pencemaran tanah, udara, dan air. Pembuangan limbah yang dilakukan sembarangan (misal di lahan kosong) akan menyebabkan lahan sekitarnya tercemar. Biasanya, yang menyebabkan pencemaran tersebut adalah sampah organik yang tertumpuk (sehingga waktu degradasinya lama) serta limbah B3 rumah tangga.

 

Jika limbah tersebut masuk ke dalam tanah dan mengendap, maka akan ada zat kimia beracun yang dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau pada air tanah. Waste management Indonesia adalah solusi untuk mengurangi hal ini, karena ada efek lainnya ketika pencemaran air dibiarkan begitu saja.

 

Saat limbah ditumpuk dan tidak diolah, maka akan terjadi penguapan dan udara juga ikut tercemar. Sampah dan limbah yang tidak segera ditangani adalah sumber bau tidak sedap yang akan memberikan efek negatif bagi daerah sekitarnya seperti pemukiman, tempat rekreasi, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Pembakaran bukanlah solusi tepat karena asap yang ditimbulkan juga berpotensi menimbulkan gangguan dan polusi udara.

 

Air bersih semakin berkurang

Apakah Anda tahu bahwa jumlah air tawar yang ada di bumi hanya sekitar 2% dari seluruh jumlah air yang ada di bumi? Salah satu peran air bersih adalah untuk diminum. Karena itulah, air bersih adalah salah hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Ketika penduduk bertambah, maka kebutuhannya juga semakin banyak.

 

Bila tidak ada air bersih dan tidak ada waste management Indonesia yang baik, maka penduduk akan menggunakan air sungai yang belum tentu bersih. Kadang, mereka juga terpaksa menggunakan air sungai yang tercemar. Hal seperti ini biasanya ada di sekitar daerah industri yang menggunakan mesin-mesin, seperti kasus sungai Citarum. Salah satu solusi supaya air lebih bersih adalah dengan menggunakan PAC.

 

Ketersediaan udara bersih yang makin langka
Lahan hijau semakin berkurang untuk digunakan sebagai tempat pemukiman, tempat pembuangan, dan juga industri. Hampir semua daerah, terutama perkotaan dan daerah industri, makin kekurangan udara bersih. Hal ini disebabkan oleh polusi udara akibat asap kendaraan, asap pabrik, serta penguapan limbah dan sampah seperti yang sudah dijelaskan. Apabila daerah tersebut tidak memiliki waste management Indonesia yang baik, tentunya hal ini akan merugikan lingkungan dan juga makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya.

 

Tentunya, Anda sekarang sudah lebih mengerti tentang efek buruk yang dapat ditimbulkan limbah ketika tidak diolah dengan baik. PT. Nebraska Pratama adalah penyedia waste management Indonesia yang terpercaya sejak tahun 1993. Baik limbah padat, cair, maupun B3, kami dapat menangani permasalahan limbah Anda secara profesional dengan hasil yang berkualitas. Mari olah limbah dari sekarang!