Dampak Limbah Terhadap Lingkungan Sekitar

Limbah adalah hasil buangan dari proses produksi baik yang dihasilkan dari proses produksi maupun kegiatan rumah tangga (domestik). Tak hanya dari kedua hal tersebut, limbah ternyata alam juga dapat menghasilkan limbah, limbah jenis ini kehadirannya biasanya tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Indonesia, merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat pengembangan industri cukup tinggi. Hal ini membuat Indonesia dapat dikatakan sebagai negara semi industri. Dengan status ini, Indonesia akan lebih fokus dalam hal peningkatan hasil produksi. Sementara, hingga saat ini perhatian terhadap limbah hasil produksi masih dikesampingkan. Akhir-akhir ini, topik tentang pencemaran limbah terhadap lingkungan menjadi pembicaraan yang hangat di berbagai media. Hal ini karena dampak yang dihasilkan limbah berupa wabah penyakit yang menyerang penduduk di sekitar lingkungan industri.   

Kehadiran limbah yang menimbulkan dampak negatif bagi manusia maupun lingkungan, maka perlu dilakukan penanganan terhadap limbah tersebut. Para pelaku industri, diharapkan tidak hanya memikirkan keungtungan yang banyak saja dan mengesampingkan pengolahan limbah hasil industry. Karena hal ini dapat berdampak negatif bagi orang lain disekitar lingkungan industri tersebut.  Berikut beberapa dampak yang muncul akibat kurangnya penanganan limbah secara tepat:

  1. Dapat menyebabkan timbulnya jamur pada kulit, kudis maupun kurap.
    • Dapat menimbulkan infeksi cacing pita. Hal ini dapat berasal dari daging hewan ternak yang dikonsumsi. Cacing pita dapat masuk kedalam pencernaan hewan ternah melalui makanannya yang kurang layak seperti sisa makanan.
    • Dapat berakibat pada hilangannya nyawa seseorang. Hal ini sempat terjadi di Jepang, kira-kira ada 40.000 orang yang meninggal akibat mengkonsumsi ikan terkontaminasi raksa yang berasal  dari limbah buangan pabrik baterai dan AKI.
    • Penyebaran virus yang berasal dari sampah yang tidak diolah dengan benar, jika tercampur dengan sumber air yang digunakan untuk air minum sehari-hari dapat menyebabkan timbulnya penyakit diare, kolera, tifus bahkan demam berdarah.
    • Dampak bagi kesehatan
       
  2. Dampak bagi lingkungan
  • Limbah cair yang masuk ke sungai dapat membuat pencemaran pada air yang mengandung banyak virus penyakit.
  • Ikan dan berbagai organisme air dapat mati atau bahkan punah. Hal ini nantinya akan menyebabkan masalah pada ekosistem.
  • Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai dapat menyebabkan terjadinya banjir jika hujan turun dengan intensitas tinggi. Hal ini akan memberikan dampak buruk terhadap jalan, jembatan, tol dan berbagai infrastruktur lainnya.
  • Pengolahan limbah yang kurang baik juga akan menyebabkan lingkungan kurang nyaman ditinggali karena bau tidak sedap serta tumpukan sampah yang tersebar dimana-mana.
  • Limbah yang dibuang kedalam air dapat menghasilkan asam organik dan gas cair organik seperti metana yang dapat membahayakan.
  • Limbah industri yang mengandung logam, minyak, toksin organic dan zat lainnya dapat mengurangi kandungan oksigen dalam air sehingga mengganggu ekosistem dalam air. 

Agar tidak menimbulkan efek negative seperti yang telah disebutkan diatas, maka perlu dilakukan upaya penanganan limbah yang tepat. PT Nebraska Pratama adalah salah satu perusahan pengolahan limbah yang dihasilkan industri. Perusahaan ini telah resmi mendapatkan izin pemanfaatan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dari kementrian lingkungan hidup no 07.35.07 Tahun 2014. Limbah B3 yang dihasilkan oleh industri diolah dengan teknologi yang ramah lingkungan oleh perusahaan ini.

Kita juga dapat ikut serta untuk menjaga lingkungan dari pencemaran limbah dengan cara-cara yang mudah misalnya dengan mendaur ulang, menjual ke tukang asongan dan dapat pula melakukan pembakaran pada limbah hasil kegiatan rumah tangga. Selain itu, kita juga dapat mengurangi pencemaran pada air dengan tidak membuang sampai ke sungai. Upaya kecil yang kita lakukan ini, nantinya akan berdampak besar untuk masa depan manusia dan makhluk hidup lainnya serta lingkungan di bumi.